Rabu, 25 Maret 2020

Menyelami Samudra Al-Fatihah (1)


اعوذبالله من الشيطا ن الر جيم . بسم الله الر حمت ال حيم . و الصللا ة و السلا م على سير تا محمر و على اله و صحبه و التا بعين ال يو م الدين . 

"Aku mohon perlindungan Allah dari pengaruh syaitan yang terkutuk itu. Aku mulai dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, mohon pertolongan dan taufik daripadaNya. Diiringi dengan salam senantiasa dilimpahkan Allah atas ikatan umat Nabi Muhammad Saw, dan atas semua keluarga, sahabat dan pengikut-pengikut beliau, sambung bersambung sampai hari kiamat.


Allah SWT berfirman:

وَهٰذَا الْبَلَدِ الْاَمِيْنِ ۙ 
"dan demi negeri (Mekah) yang aman ini."
(QS. At-Tin 95: Ayat 3)
Allah SWT berfirman:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَا نَ فِيْۤ اَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ ۖ 
"Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,"
(QS. At-Tin 95: Ayat 4)
Allah SWT berfirman:

ثُمَّ رَدَدْنٰهُ اَسْفَلَ سَا فِلِيْنَ ۙ 
"kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya,"
(QS. At-Tin 95: Ayat 5)

Dari ayat diatas, bisa diambil suatu kesimpulan bahwasanya manusia yang mempunyai panca indra yang lima serta akal dan pikiran yang ada, sanggup menjangkau beberapa ilmu pengetahuan yang amat sedikit dan rendah sekali. Hal ini diterangkan Allah dalam Qs. AL Isro ayat 85.

Manusia tidak sanggup menyelidiki alam yang luas ini beserta isinya, yang terdiri dari benda, alam ghaib, baik yang dinamakan Alam Malakut atau alam akhirat. Apalagi untuk menyelidiki dan menjelajahi tentang Tuhan yang menciptakan seluruh alam yang luas ini, karena Tuhan ini bukan hanya ghaib tapi Maha Ghaib. 

Tiap-tiap manusia harus pula mengetahui tentang alam ghaib, karena tiap-tiap manusia yang telah meninggal akan memasuki Alam Malakut (alam Bardzah), alam akhirat, dan akhirnya akan menghadap Tuhan, guna mempeetanggungjawabkan semua gerak-geriknya selama hidup di alam yang fana ini.

Sebab itu semua, Allah telah memberitahukan kepada manusia, yaitu dengan jalan menurunkan wahyu-wahyu-Nya dengan perantara Malaikat² kepada manusia istimewa yang dinamakan Nabi² dan Rasul², ada yang tertulis dan terbaca, yang dinamakan Kitab² Suci, yaitu wahyu² besar dan penting. Namun ada pula yang tidak tertulis dan terbaca.

Kitab² Suci itu menurut banyak ahli² tafsir berjumlah 104 buah. Tetapi semuanya sudah hilang, karena tidak terpelihara dengan baik sesudah meninggalnya Nabi² dan Rasul² yang membawanya (Tafsir Ibnu Adil).

Dari kitab demi kitab yang telah hilang dari zaman Nabi ke Nabi terdahulu, maka Allah lalu mengutus Nabi Muhammad saw untuk diwahyukan kembali semua isi dari semua Kitab² Suci yang telah hilang tersebut, dan Kitab yang diutuskan kepada Nabi Muhammad saw dinamai "Al Qur'an" atau "Al Furqan".

Jadi Kitab Suci Al Qur'an adalah kesimpulan dari semua Kitab² Suci yang pernah diturunkan Allah kepada Nabi² dan Rasul² sebelum Nabi Muhammad Saw. 

Al Qur'an terdiri atas 114 surah, terbagi kedalam 6263 ayat, seluruh ayat tersebutpun disimpulkan Allah dalam satu surah yang pendek dan terdiri hanya atas 7 ayat saja, yaitu Surah AL-FATIHAH. 
Karena isi dan kandungan semua isi Al Qur'an ada di satu surah ini, maka dinamai Allah dengan Al-Fatihah (Pembuka) atau UMMUL-KITAB (Induk Kitab), dan lain² namanya yang akan dibentangkan selanjutnya untuk pembaca yang semoga senantiasa dirahmati Allah. 

Yang jelas, itu pulalah sebabnya kenapa surah ini dibaca ditiap raka'at sholat (sembahyang), baik sholat wajib ataupun sunat, dan tidaklah sah sholat seseorang bila tidak membaca surah ini. 
Dan setiap bacaan dalam setiap gerakan sholat harus pula dibaca dengan siir (pelan) atau di jahar-kan (keras), sesuai dengan ketentuan yang ada. Tidak boleh dibaca di dalam hati saja, sementara mulutnya terkatup rapat, diam tak bergerak sedikitpun.

Sekian dulu untuk saat ini, insya Allah akan kita sambung dengan tujuan menggali dan mengetahui atau menjelajahi akan SAMUDRA AL-FATIHAH yang maha dalam dan luas. Semiga menambah iman dan khusyu' kita terhadap semua yang terkandung didalamnya. 
Aamiin Yaa Robbal 'alaamiin

#indahnyaberbagi
#bundoku

Referensi: 
SAMUDRA AL-FATIHAH karya H. Bey Arifin
Al-Qur'an Al Karim Al Karim
Tafsir Al Furqan (A. Hasan)
Tafsir Ibnu Katsir (Iman Ismail Ibnu Katsir)
Al Azkaar (Iman Nawawy)
Badaai'ul Fawaaid (Imam Ibnu Qayyim)
Mengenal Tuhan ( Bey Arifin)
Perkembangan Pikiran Terhadap Agama (H. Zainal Arifin Abbas)
Man does not stand alone (A. Cressy Morison) dan lain-lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar